Saturday 22 March 2014

Tugas tik

Bab 7
Kesehatan dan keselamatan kerja

a. Prinsip kesehatan dan keselamatan kerja dalam menggunakan komputer

Saat kita menggunakan komputer dalam waktu lama, apalagi bekerja menggunakan seharian penuh, tentu akan sangat melelahkan. Meskipun hanya duduk dan mengoperasikan komputer. Namun pengetahuan tentang kesehatan dan keselamatan kerja juga diperlukan. Ketahanan tubuh seseorang di depan komputer dipengaruhi oleh banyak hal, antara lain : pengaturan posisi duduk yang benar, pengaturan cahaya, dan pengaturan jarak pandang antara pengguna dengan monitor.

Bagian dalam komputer tersusun dari rangkaian yang berarus listrik sehingga kesehatan dan keselamatan kerja penggunanya benar-benar harus diperhatikan. Beberapa hal yang membahayakan kesehatan dan keselamatan pengguna komputer adalah sebagai berikut :
1. Pemasangan kabel penghubung listrik dengan CPU harus benar sehingga tidak menimbulkan hubungan arus pendek pada rangkaian listrik.
2. Perhatikan masukan tegangan listrik ke CPU. Apakah teganannya naik-turun atau tidak? Tegangan yang tidak stabil dapat mengakibatkan CPU rusak.
3. Gunakan ground listrik agar tidak menyisakan tegangan lisrik pada casing atau monitor sehingga pengguna komputer tidak tersengat listrik.
4. Atur jarak antara mata pengguna dengan monitor sesuai dengan aturan. Bila perlum gunakan screen filter di monitor.
5. Tidak menggunakan komputer dalam keadaan casing terbuka.

b. Penerapan kesehatan dan keselamatan dalam Teknologi Informasi

Pengguna komputer sangat rentan sekali terhadap kesehatan dan keselamatan seseorang. Oleh karena itu, perlu kiranya user(pengguna) komputer harus melaksanakan aturan kesehatan dan keselamatan kerja (K3) sebagai berikut :
1. Memasang komputer secara aman
Untuk menjaga keselamatan kerja komputer yang berhubungan dengan sumber energi, ada beberapa hal yang harus diperhatikan.
a. Perhatikan pemasangan kabel yang dipasang pada perangkat komputer
b. Hubungan kabel power dari komputer dengan stop kontak listrik harus dipasang dengan benar.
c. Gunakan stabilizer sehingga arus listrik yang mengalir ke komputer selalu stabil meskipun daya listrik mengalami penurunan.
d. Perangkat komputer jangan diletakkan diatas peralatan yang terbuat dari bahan konduktor. Hal ini dapat mencegah terjadinya penumpukan arus elektronisasi pada komputer.
e. Paikan kabel yang ada pada perangkat komputer.
f. Jangan biarkan ada kabel yang berhubungan dengan arus listrik dibiarkan terlepas.
g. Matikan komputer dan cabut kabel yang berhubungan dengan stop kontak listrik.




2. Menggunakan komputer dengan posisi yang benar
Beberapa prinsip yang harus dipatuhi saat menggunakan komputer, antara lain sebagai berikut :
a. Selaraskan posisi tubuh sehingga Anda merasa nyaman.
b. Variasikan pekerjaan yang dilakukan, hindari pekerjaan satu jenis.
c. Rileks dapat mengurangi ketegangan otot.
d. Sempatkanlah istirahat walah singkat.
e. Perhatikan anggota tubuh Anda yang terasa sakit.
Berdasarkan adanya bahaya dan untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan pemakai :
1. Mengatur posisi tubuh
Agar produktivitas dan efektivitas kerja dapat maksimal, posisi tubuh harus nyaman, perubahan posisi tubuh sangat berpengaruh dan bermanfaat bagi tulang punggung, otot, persendian, dan sistem peredaran darah.
a. Posisi Kaki
Posisi kakiyang baik harus menapak ke lantai dengan kuat dan nyaman. Setelah beberapa saat bekerja luruskan kaki agar peredaran darah kembali lancar, jika perlu berjalan-jalan sebentar.
b. Posisi punggung
Posisi punggung sesuaikan dengan postur tubuh sehingga terasa nyaman. Gunakan sandaran kursi untuk menopang punggung, jika perlu gunakan kursi yang dapat diatur.
c. Posisi pundak dan siku
Ketika sedang berada di depan komputer/ laptop, posisi pundak dan siku harus benar benar rileks jangan dipaksakan jika kurang enak dan nyaman. Selain itu siku harus diletakkan dengan nyaman disesuaikan dengan posisi keyboard.
d. Posisi tangan
Untuk posisi tangan pada umumnya ditentukan oleh diri sendiri, sebab antara orang yang satu dengan orang yang lainnya kenyamanan bekerja tidaklah sama. hal yang penting adalah pada saat melakukan pekerjaan tangan merasa nyaman baik sewaktu melakukan penekanan tombol-tombol keyboard maupun menggerakkan mouse, namun secara ideal jangkauan tangan dengan keyboard dan mouse siku membentuk 90°.
e. Kesehatan mata
Hal yang sangat vital dalam menggunakan komputer adalah jarak pandang dengan layar monitor. untuk mengantisipasi terjadinya gangguan mata sebaiknya ditambahkan screen filter pada layar monitor anda, sebab monitor memiliki intensitas cahaya yang cukup tinggi. Selain tu, alai ini mampu meredam kelelahan oada mata.

2. Mengatur Tata Letak Komputer
a. Posisi Monitor
Pengaturan monitor yang baik akan membantu mengurangi ketegangan mata dan otot. Jarak pandang layar monitor yang tepat yaitu 46-47cm dengan sudut pandang 0,15°. Ketinggian monitor tidak boleh menyebabkan kepala terlalu menunduk atau menengadah. Usahakan monitor tidak terlalu terang dan terlalu redup.
b. Keyboard dan Mouse
Untuk perangkat keyboard, mouse, dan perangkat input yang lainnya harus diletakkan sedemikian rupa sehingga ketika menggunakannya posisi tubuh tetap nyaman.

3. Keselamatan Kerja dari Perangkat Teknologi Informasi
Dalam memasang komputer perlu memahami pengetahuan pemasangan komputer secara aman. Beberapa resiko terhadap kesehatan dan keselamatan dalam menggunakan komputer adalah sebagai berikut :
a. Kejutan listrik, pemasangan listrik yang tidak baik dapat menimbulkan kejutan lisrik maka perlu dihindari dengan pengetahuan yang cukup.
b. Kebakaran, pemakaian komputer yang terlalu lama tiada henti dapat menimbulkan panas yang berlebihan (overhating). Untuk menghindarinya biasanya ruangan komputer dipasang AC.
c. Resiko mekanis, resiko ini diakibatkan karena peralatan atau mekaniknya seperti permukaan casing yang tajam, kipas yang tajam. Apabila anda tidak hati-hati mungkin saja kecelakaan dapat terjadi.
d. Resiko radiasi, komputer memiliki beberapa bagian yang menghasilkan laser, gelombang ultrasonik, dan efek ionisasi yang merupakan sumber radiasi. Beberapa yang harus dihindari adalah jangan mengintip bagian dalam drive CD ROM pada saat komputer membaca kepingan CD karena drive CD ROM tersebut menggnakan sinar laser yang berbahaya jika mengenai mata.


4. Keselamatan Kerja yang Berkaitan dengan Ruang Kerja
Meskipun ruang komputer bukanlah hal terkait langsung dengan masalah K3, namun beberapa hal mengenai ruang komputer yang harus diperhaikan. Berikut hal-hal yang harus diperhatikan :
a. Ukuran ruang komputer hendaknya disesuaikan dengan jumlah komputer.
b. Jarak antara meja komputer hendaknya disesuaikan antara satu dengan yang lain1,5 meter ke arah depan-belakang dan 1 meter ke arah samping.
c. Pemasangan instalasi listrik tertaman rapi ke lantai atau dinding.
d. Edapat mungkin ruangan selalu bersih.
e. Perlu adanya pendingin ruang (AC) atau minimal kipas angin.


c. Penggunaan Laptop
Pada masa kini laptop sudah bukan lagi barang yang mewah. Harga laptop pun sudah hampir menyamai harga komputer desktop.sehingga sekarang lebih banyak orang yang menggunakan laptop dibanding komputer desktop karena lebih praktis. Seperti komputer desktop, laptop juga saat digunakan juga harus memerhatikan beberapa aspek kesehatan dan keselamatan antara lain sebagai berikut :
1. Komponen dalam laptop akann lebih cepat panas karena  sistem pendinginnya sangat minim. Sehingga peletakannya laptop di tempat yang tidak menutup lubang ventilasi udara (misalnya tempat tidur). Selain itu, usahakan untuk tidak meletakkan laptop diatas paha, karena panas yang ditimbulkan laptop dapat mengganggu kesehatan pengguna.
2. Hanya install perangkat lunak yang anda akan gunakan. Laptop mempunyai kemampuan yang terbatas jika dibanding dengan komputer desktop. Dengan mengistall dan menjalankan sedikit perangkat lunak maka panas yang dipancarkan juga minimal.
3. layar LCD pada laptop sebaiknya dijaga dari tekanan kuat pada suhu yang sangat dingin. Hal ini dikarenakan layar LCD pada laptop komponennya bersifat cairan yang berbahaya bagi kesehatan jika sampai bocor.

d. Prinsip Kesehatan dan Keselamatan Kerja dalam Menggunakan Ponsel
Dalam kehidupan sehari-hari masyarakit terkini tidak terlepas dari penggunaan ponsel. Ponsel sudah menjadi kebutuhan wajid bagi kebanyakan orang. Saat ini ponsel tidak hanya digunakan untuk menelpon atau pesan singkat (SMS) tetapi sekarang dapat digunakan sebagai alat bantu kerja  dan juga dapat digunakan sebagai media hiburan seperti bermain games ataupun social media. Namun, dalam penggunaan ponsel, anda harus memperhatikan aspek-aspek berikut :
1. Gunakan handsfree untuk mengurangi efek pancaran gelombang elektromagnetik. Menggunakan handsfree terlalu pun dapat membuat telinga menjadi panas.
2. Tidak menggunakan ponsel pada saat mengemudikan kendaraan. Karena dapat mengganggu konsentrasi pengemudi. 
3. Tidak menggunakan ponsel di pesawat terbang. Gelombang elektromagnetik yang dipancarkan dapat mengganggu alat navigasi di kabin pesawat, sehingga dapat menyebabkan pesawat kehilangan kendali ataupun arah.
4. Tidak menggunakan ponsel di SPBU. Larangan penggunaan ponsel di SPBU lebih pada kekhawatiran akan merusak ponsel atau perangkat penera bensin yang sebagian sudah berteknologi digital.

e. Mengoperasikan Komputer denan Benar
Untuk menghindari kerusakan pada komputer(PC) baik perangkat lunak (Software) maupun perangkat keras (Hardware), perlu adanya prosedur yang benar. Langkah-langkah mengoperasikan komputer yang benar adalah sebagai berikut :
1. Langkah-Langkah Menghidupkan Komputer
a. Pastikan semua peralatan sudah siap
b. Kosongkan disk drive
c. Hidupkan komputer dengan menekan tombol power

2. Langkah-Langkah Mematikan Komputer
a. Pada tampilan desktop, tekan tombol start
b. Klik Shut Down, kemudian pilih OK

No comments:

Post a Comment

No Racism